Pada tahun 1962 Muder Hermina, OSA dan Sr. Joanita, OSA, mengadakan dialog dengan Mgr. Albers, Ocarm, uskup Malang tentang kemungkinan mendirikan biara dan berkarya di Malang atau sekitarnya. Setelah mencapai kesepakatan kemudian dipilihlah tempat didirikan komunitas dan dibangun karya kesehatan baru oleh suster Kongregasi OSA yakni di Tumpang, Malang, Jawa Timur. Di sinilah awal karya kesehatan suster St. Augustinus memulai karya di tanah Jawa, yaitu dengan mendirikan Rumah Sakit “Sumber Sentosa” Tumpang. Pembukaan dan peresmian Rumah Sakit Sumber Sentosa dilakukan tanggal 2 Pebruari 1971, diresmikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan diberkati oleh Mgr. Albers, Ocarm, Uskup Malang. <

RS Sumber Sentosa menjadi salah satu bagian karya milik Yayasan Pelayanan Kasih Agustinian (YPKA) yang berkantor pusat di Ketapang. Pengembangan dan pembinaan unit karya sepenuhnya mendapat dukungan dari Yayasan. Kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit Sumber Sentosa terus dikembangkan dan ditingkatkan melalui perekrutan tenaga pelayan kesehatan yang profesional, sarana-prasarana medis, dan alat-alat kesehatan penunjang yang memadahi, dan fasilitas lainnya.

RS Sumber Sentosa berkomitmen untuk memberikan mutu pelayanan yang terbaik bagi pasiennya. Mutu layanan kesehatan dijalankan oleh RS Sumber Sentosa tidak terbatas pada tenaga medis tetapi pada seluruh lini layanan kesehatan dan  pada seluruh lingkungan rumah sakit. Keselamatan pasien juga menjadi tema sentral dan inti setiap kegiatan pelayanan dan manajemen RS Sumber Sentosa.

RS Sumber Sentosa beralamat di jalan Raya Kebonsari No.221 Kec. Tumpang, Kab. Malang, Jawa Timur 65156. Kehadiran RS Sumber Sentosa Tumpang sangat terasa bagi masyarakat Malang dan sekitarnya. RS Sumber Sentosa dilengkapi dengan peralatan kesehatan, tenaga medis dan non medis yang handal, serta sistem pelayanan yang terus ditingkatkan.

RS Sumber sentosa memberikan pelayanan kesehatan secara profesional, bermutu berguna serta terjangkau kepada masyarakat sekitar terutama untuk yang kurang mampu, dengan didasari semangat cinta kasih, sesuai motto RS Sumber Sentosa yakni sevire invicem in caricate.

Direktur
dr. Iskandar Kosasih., MBA
Visi RS Sumber Sentosa
Menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan secara profesional, paripurna bagi masyarakat terutama masyarakat perifer dengan didasari semangat dan jiwa Kristiani.
Misi RS Sumber Sentosa
  • Memberikan pelayanan kesehatan secara profesional, bermutu berguna serta terjangkau kepada masyarakat sekitar terutama untuk yang kurang mampu, dengan didasari semangat cinta kasih.
  • Menciptakan suasana kerja yang serasi dengan kebersamaan serta meningkatkan kemampuan SDM dan menjunjung disiplin yang tinggi demi memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik.
Motto RS Sumber Sentosa
Servire Invicem In Caritate (artinya: melayani dalam kasih)