Rumah Sakit Fatima merupakan salah satu unit karya Yayasan Pelayanan Kasih Agustinian, yang berlokasi di Jalan Sudirman 27 Ketapang, Kalimantan Barat. Rumah sakit Fatima berdiri sejak tanggal 2 September 1962. Awal berdirinya berstatus sebagai Klinik Bersalin “Fatima”, yang siap melayani ibu-ibu melahirkan. Empat tahun kemudian statusnya ditingkatkan menjadi RB / BKIA Fatima. Seiring meningkatkannya kualitas pelayanan kesehatan RS Fatima melalui sumber daya manusia sebagai pelayan kesehatan yang profesional, sarana-prasarana medis dan alat-alat kesehatan penunjang yang berkualitas, dan gedung bangunan serta fasilitas lainnya yang memadahi, maka mulai tahun 2006 unit resmi berstatus sebagai Rumah Sakit Umum, dengan nama Rumah Sakit Fatima.

RS Fatima kini telah berkembang sebagai satu rumah sakit swasta terkemuka dan diperhitungkan Kalimantan Barat, khususnya di Ketapang. Rumah Sakit Fatima menjadi tempat rujukan pelayanan kesehatan bagi dokter dan masyarakat yang membutuhkan karena memiliki keunggulan dalam komitmen terhadap mutu, kemudahan akses, kualitas pelayanan,  kelengkapan spesialistik dan alat penunjang medis. Pelayanan kesehatan yang diberikan RS Fatima berbasis mencakup pada: layanan konsultasi dokter, pemeriksaan penunjang, tindakan operatif, layanan rawat inap hingga pasca rawat inap. Prestasi yang diraih RS Fatima sejak berdiri hingga sekarang merupakan  realisasi komitmen RS Fatima terhadap mutu layanan kesehatan, yang memiliki motto Kasih Yang Menyembuhkan.

Menyikapi situasi kondisi masyarakat yang semakin tinggi akan kebutuhan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan optimal, maka pihak YPKA memberikan dukungan sepenuhnya agar Rumah Sakit Fatima terus berbenah untuk pengembangannya. YPKA berkomitmen mengembangkan Rumah Sakit Fatima baik dari tenaga pelayanan kesehatan maupun sarana prasarana rumah sakit agar meningkatkan pelayanan sesuai kebutuhan masyarakat dan meningkatkan statusnya.

Komitmen Terhadap Mutu Pelayanan

Kapasitas tempat tidur pasien RS Fatima berjumlah 126 buah dengan fasilitas dan peralatan diagnostik penunjang lengkap dan memadai. RS Fatima berkomitmen memberikan mutu pelayanan terbaik bagi pasien dengan melakukan perbaikan, pemantauan, penambahan fasilitas dan meningkatkan kepuasan pelayanan pelanggan.  Pada pelayanan medis semua instalasi gawat darurat, rawat jalan, rawat inap termasuk ICU, kamar operasi, dan maternal perinatal, membuat dan melaksanakan kebijakan keselamatan pasien dengan menerapkan prosedur operasional terstandarisasi.

Penunjang Medis meliputi instalasi laboratorium, radiologi, farmasi, rekam medis, pelayanan gizi dan rehabilitasi medis menerapkan kebijakan keselamatan pasien melalui pelaksanaan standar prosedur operasional, penyediaan tenaga profesional dan peralatan terstandarisasi. Pengadaan dan pemakaian alat-alat, obat-obatan dan bahan medis yang berkualitas semata-mata untuk menyelamatkan pasien. Kompetensi tenaga medis dan paramedis RS Fatima memenuhi tiga aspek, meliputi: legalitas, profesionalitas dan etika profesi. Pelayan Kesehatan RS Fatima diajak sempurna sesuai Citra Allah, karena bertugas mempertahankan kehidupan.

Keselamatan Pasien dan Pengendalian Infeksi merupakan prioritas utama diberikan oleh setiap pelayan medis maupun non medis. Mutu layanan kesehatan dijalankan pada seluruh lini layanan lingkungan rumah sakit. Kasih yang menyembuhkan menjadi spirit bekerja “sempurna” dengan meminimalkan bahkan meniadakan infeksi guna mempercepat penyembuhan. Sistem Keselamatan Pasien merupakan poin penting di RS Fatima. Patient safety merupakan wujud Kasih Yang Menyembuhkan.

Direktur
dr. Margaretha Indah Wijilestari., MPH
Visi Rumah Sakit Fatima
“Sehati Sejiwa dalam pelayanan yang unggul”
Misi Rumah Sakit Fatima
  • RS. Fatima melaksanakan pelayanan kesehatan secara holistik dan berkesinambungan.
  • RS. Fatima menyediakan sarana dan prasarana kesehatan yang mendukung pelayanan.
  • RS. Fatima meletakkan kebersamaan sebagai landasan dalam menjalankan seluruh pelayanan kesehatan.
  • RS. Fatima menjujung tinggi kejujudan dan rasa hormat kepada pemilik dan semua pihak yang terkait.
  • RS. Fatima menembapkan karyawan sebagai asset yang berharga dan berkualitas.
Sasaran Pelayanan Rumah Sakit Fatima
  • Sehati sejiwa mewujudkan kehadiran Kerajaan Allah dalam hidup manusia
  • Meningkatkan mutu dan derajat kesehatan manusia melalui pelayanan kesehatan secara holistik yang meliputi aspek biologis, spiritual, dan intelektual.
  • Menciptakan budaya kerja yang dipenuhi oleh buah penghayatan iman dan mewujudkan kesejahteraan secara wajar.
Falsafah pelayanan Rumah Sakit Fatima
  • Setiap individu adalah citra Allah yang unik dan patut dihargai dan dikasihi.
  • Setiap proses interaksi di RS Fatima didasari oleh semangat hidup Kristiani (iman, pengharapan dan kasih) dan mencerminkan indentitas suster-suster St. Agustinus dari kehahiman Allah yaitu sehati sejiwa dalam kebersamaan dan persaudaraan yang terpusat pada cinta kasih, diyakini, dipertahankan, diperbaharui, dan dipancarkan dalam hidup dan karya kerasulan.
  • Karyawan adalah bagian integral tak terpisahkan dari karya RS Fatima, sehingga kesejahteraan mereka secara wajar menjadi bagian pula dari tujuan pelayanan kesehatan RS Fatima.