Karya kesehatan di Keuskupan Ketapang mendapat perhatian tidak hanya dari tarekat Suster “St. Augustinus”, tetapi juga dari beberapa tarekat lainnya. Diantaranya adalah tarekat suster BKK (Biarawati Karya Kesehatan), yang mengutus Lidwina Pragt BKK, seorang suster Belanda, yang pada tanggal 10 Mei 1970 tiba di Ketapang. Lidwina Pragt BKK menuju Tumbang Titi, untuk mencari kemungkinan membuka karya bagi tarekat BKK. Sebelum Suster BKK menemukan tempat untuk membuka komunitas dan unit karya pelayanan, mereka singgah dan membantu pelayanan Suster OSA di Tumbang Titi. Tumbang Titi pada waktu itu merupakan tempat persinggahan yang paling strategis oleh para misionaris untuk mendatangi stasi Serengkah dan stasi Tanjung.

Tarekat suster BKK yang dimotori oleh Sr. Lidwina Pragt, BKK menemukan tempat untuk membuka komunitas dan karya di Desa Tanjung, Kec. Jelai Hulu. Maka pada tahun 1972 karya pelayanan tarekat suster BKK dibuka berupa BP/BKIA yang diberi nama BP/BKIA “Mutiara” Tanjung, dengan surat ijin pendirian nomor : T.B/u.u.-3/72. Kepemimpinan unit pelayanan kesehatan tersebut dilanjutkan dan dipimpin oleh Sr. Zita, seorang suster Belanda tamatan akademi perawat. Unit kesehatan ini secara ke dalam dikelola oleh para suster BKK, kalau urusan keluar mengunakan payung kegiatan pada Yayasan Usaba bagian kesehatan.

Setelah mempertimbangkan alasan tertentu akhirnya Tarekat BKK berkehendak menyerahkan susteran dan unit karyanya di Tanjung kepada Kongregasi Suster OSA Ketapang. Pada tanggal 14 Agustus 1990 merupakan persiapan peralihan susteran dan BP/BKIA “Mutiara” Tanjung dari suster BKK ke Kongregasi OSA, maka diutuslah 2 orang suster yaitu Sr. Vincentia dan Sr. Theresia seorang suster perawat, untuk memulai komunitas gabungan. Setelah dirasa sudah siap oleh para pihak, maka pada tgl. 22 Oktober 1990 resmilah komunitas dan BP/BKIA “Mutiara” Tanjung diserahkan dan dikelola secara penuh oleh pihak Kongregasi OSA Ketapang.

Letak BP /BKIA Mutiara Tanjung jaraknya 128 km dari kota Ketapang, tepatnya di Dusun Tanjung, Desa Tangerang, Kecamatan Jelai Hulu, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Mulai berdiri sampai dengan tahun 2015 sudah ada 17 orang suster dan perawat yang berkarya di BP/BKIA Mutiara Tanjung, yang tahun ini dipimpin oleh Sr Elisa Petra, OSA.

Penanggungjawab
dr. Lasma Herawati Manalu