Untuk memperluas jangkauan pelayanan bidang kesehatan kepada masyarakat di Daerah Pedesaan dan didasari permohonan kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat, dan dukungan dari instansi terkait Yayasan mendirikan karya pelayanan di dusun Pengatapan pada tanggal 1 Januari 1992, dengan jarak 97 km dari kota Ketapang.

Unit karya ini merupakan unit kesehatan yang ke 11 dan sudah mendapat ijin dari pemerintah daerah, unit tersebut dinamai BP “St. Paulus” di dusun Pengatapan desa Batu Tajam Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang, petugas kesehatan yang ditugaskan pertama kali diunit tersebut Sdra. Paulus Pilip. Sambil operasional unit tersebut pihak yayasan mengurus ijin tetap ke Provinsi maka keluarlah ijin tetap pendirian dengan surat ijin nomor : 409/212/Q.61/YKM-1/II/1993.

Balai Pengobatan ini beroperasi dan dibuka secara resmi oleh Camat Tumbang Titi Drs. Bambang Wahyudi dan diberkati oleh Pastor Harimurti, Pr pada tanggal 21 April 1992, dengan nama Balai Pengobatan.”Santo Paulus” Pengatapan. Balai Pengobatan St Paulus Pengatapan berada di Dusun Lubuk Lelabi, Desa Pengatapan Raya, Kec. Tumbang Titi, Kalimantan Barat.

Penanggungjawab
dr. Yohanes Suandrianno
Visi BP St. Paulus Pengatapan
Dengan semangat kasih menjadi pelayan kesehatan yang dikenal setiap pribadi ( pasien ) yang merupakan citra Allah dan mempunyai untuk dihargai,dilayani dan diperhatikan sebagai pribadi yang utuh.
Misi BP St. Paulus Pengatapan
  • Memberikan pelayanan kesehatan dengan sikap kasih,hormat terhadap kehidupan,adil sabar dan murah hati.
  • Bekerja secara profesional, kreatif, dengan menampilkan sikap ramah, komonikatif, percaya diri dan bertanggung jawab.
  • .
  • Menyediakan pelayanan kesehatan bagi warga masyarakat tanpa memandang status sosial dan ekonomi.
  • Menciptakan suasana kerja yang nyaman,rasa memiliki serta disiplin yang tinggi demi kemajuan pelayanan