Tim Akreditasi dari KARS bersama keluarga Besar RS Sumber Sentosa
Akreditasi RS Sumber Sentosa
October 3, 2017
DSC_0616 b 1
PERAYAAN SYUKUR 25th BERDIKARI KONGREGASI OSA DI INDONESIA
October 20, 2017

TANGGAP BENCANA PASKA BANJIR JELAI HULU

DSC_0124 3

DSC_0124 3

 

Dampak bencana banjir wilayah Kecamatan Jelai hulu, Ketapang, masih sangat dirasakan oleh masyarakat yang  terkena bencana. Banjir terjadi setelah dua hari diguyur hujan lebat di wilayah itu pada akhir Agustus (30/8/2017). Belasan rumah hanyut kena kuatnya arus dan ratusan lainnya terendam sampai atap. Bukan rugi materi saja, tapi masalah kesehatan baik fisik maupun mental pun terganggu.

Keprihatinan ini mendorong munculnya gerakan Bakti Sosial Tanggap Bencana Paska Banjir berupa pemeriksaan dan pengobatan kesehatan. Penanganan paska banjir dipilih karena biasanya muncul banyak penyakit paska banjir. Penyakit pasca banjir harus waspadai, bila  ada anak-anak, orang sakit, serta orang tua, penanganan pasca banjir harus lebih baik.

Bakti sosial dilaksanakan 27-28 september 2017, meliputi  empat lokasi sasaran: Dusun Tanjung, Desa Tangerang; Dusun Lamboi, Desa Sidahari; Dusun Semenjawat, Desa Pangkalan Suka; dan Desa Asam Jelai. Pelaksana kegiatan dikoordinasi oleh Perdhaki Wilayah Ketapang didukung tenaga dokter, perawat, bidan dari RS Fatima, dan Puskesmas Kecamatan Jelai Hulu. Sedangkan Per-dhaki Pusat Jakarta mendukung logistik (obatan-obatan).

Pada kegiatan periksa dan pengobatan kesehatan ada kunjungan 547 pasien, meliputi anak-anak 101 dan dewasa 446 orang. Bersamaan kegiatan ini, Komunitas Katolik Kalbar wilayah Jabodetabek  berbagi sembako dan melakukan healing dengan doa dan menyajikan hiburan musik ditiap lokasi bakti sosial.

Terima kasih kepada Perdhaki Pusat yang telah mendukung obat-obatan, RS Fatima dan Puskesmas Jelai Hulu yang menerjunkan tenaga medisnya. Juga berkat dukungan pastor Paroki Maria Asumpta Tanjung informasi kegiatan sampai dimasyarakat.

Berkat dukungan berbagai stakeholder tersebut kegiatan bakti sosial paska banjir di Jelai Hulu lancar dan sukses. In Deum (Daduanto)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *