Program Sosial

YPKA konsen dengan program-program yang berhubungan dengan pengembangan kesehatan yang langsung menyentuh masyarakat baik bersifat preventif, kuratif, promotif dan rehabilitatif. Kegiatan ini diselenggarakan kepada masyarakat terutama untuk kalangan yang tidak mampu dan memerlukan bantuan pelayanan tindakan medis. Pasien yang ikut dalam program sosial ini tidak dipunggut biaya. Yayasan Pelayanan Kasih Agustinian bekerja sama dengan perusahaan – perusahaan melalui yang bersedia mendukung permbiayaan kegiatan program sosial ini.

YPKA menyelenggarakan program-program sosial kemanusiaan. Kegiatan ini dilaksanakan melalui unit RS Fatima Ketapang maupun unit-unit kesehatan milik Yayasan Pelayanan Kasih Agustinian. YPKA memfasilitasi kegiatan penanganan pasien dengan menghadirkan tenaga-tenaga dokter ahli spesialis bedah dari Rumah Sakit terkemuka sesuai yang dibidang yang butuhkan. Kegiatan program sosial yang berjalan rutin dua tahun sekali antara lain operasi bibir sumbing / celah langit mulut dan operasi katarak. Bahkan, dalam kegiatan-kegiatan tersebut terdapat pasien-pasien yang dirujuk dari luar Kalimantan Barat.

Selain program kemanusiaan, yayasan juga menyelenggarakan program pemberdayaan masyarakat denan cara peningkatan derajat kesehatan masyarakat terutama di daerah pedalaman melalui program lebih dikenal dengan program PHC (Primary Health Care) dengan sasaran program yaitu ; peningkatan jumlah posyandu baru, Pembinaan posyandu lama, Memberantas penyakit menular (seperti; TBC, penyakit kulit), program Sanitasi, pelatihan kader posyandu dan pelatihan dukun melahirkan.

Beasiswa Yayasan Pelayanan Kasih Agustinian:

Beasiswa Ikatan Dinas Yayasan Pelayanan Kasih adalah pembiayaan yang diberikan oleh Yayasan Pelayanan Kasih Agustinian kepada pihak penerima beasiswa mencakup biaya Pendidikan/ Perkuliahan.

Tujuan beasiswa, pertama, untuk membantu memberikan kesempatan pengembangan kepribadian dan pemberdayaan potensi-potensi secara optimbal bagi karyawan maupun peroangan sesuai bidang, minat dan bakatnya melalui pendidikan formal. Kedua, untuk menjamin kualitas, efektivitas, dan efisiensi penyelenggaraan karya Yayasan Pelayanan Kasih Agustinian.

Ikatan Dinas Yayasan Pelayanan Kasih Agustinian menurut peraturan-peraturan Beasiswa Ikatan Dinas YPKA yang berlaku yang ditetapkan oleh Yayasan.

Berikut penerima beasiswa YPKA

Tahun Akademik 2013/2014:

  1. Siska Andriani, Prodi D3 Farmasi, Akademi Farmasi Theresiana Semarang
  2. Veronika Rin Asmiati, Prodi D3 Farmasi, Akademi Farmasi Theresiana Semarang.

Tahun Akademik 2014/2015:

  1. Valentina Sartika, Prodi D3 Keperawatan STIKES Elisabeth Semarang
  2. Yuliana, Prodi D3 Keperawatan STIKES Elisabeth Semarang

Tahun Akademik 2015/2016:

  1. dr. Bennadi Arian, Prodi Spesialis Radiologi, UI Jakarta
  2. Matius Febrianto, Profesi Ners, STIKES Elisabeth Semarang
  3. Apresia Andeyan Budiarti Kutmas, Prodi D3 Keperawatan, STIKES Elisabeth Semarang
  4. Elisabeth Yuriane, Prodi D3 Kebidanan, STIKES Widya Husada Malang
  5. Lidya Vrindi, prodi D3 Kebidanan, STIKES Widya Husada Malang
  6. Frisela Sunarti, D3 Farmasi, Akademi Farmasi Theresiana Semarang
  7. Priscilla Wella, Prodi D3 Keperawatan AKPER Panti Rapih Yogyakarta