PERAYAAN SYUKUR 25th BERDIKARI KONGREGASI OSA DI INDONESIA

DSC_0124 3
TANGGAP BENCANA PASKA BANJIR JELAI HULU
October 18, 2017
DSC_0350 b
SEHATI DAN SEJIWA DALAM PERJALANAN MENUJU TUHAN “COR UNUM ET UNA IN DEUM”
October 20, 2017

PERAYAAN SYUKUR 25th BERDIKARI KONGREGASI OSA DI INDONESIA

DSC_0616 b 1
Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Mgr. Pius Riana Prapdi

Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Mgr. Pius Riana Prapdi

 

Tahun 2017, merupakan tahun penuh syukur pada Tuhan atas 25 tahun Kongregasi OSA berdikari di Indonesia.  Kongregasi OSA    mampu melampaui  perjalan-an selama 25 tahun dengan berbagai tantangan untuk tetap eksis dalam karya pelayanan di masyarakat.

Berawal diutusnya lima Suster Augustines dari Belanda menuju Ketapang, tiba di pelabuhan Ketapang 6 Desember 1949. Cara hidup dan pelayanan  para suster yang penuh kasih memikat para pemudi bergabung menjadi suster.

Para suster gigih merintis karya pelayanan. Maka, dikembangkanlah karya-karya pelayanan di pedalaman Ketapang, bahkan sampai Malang (Jawa Timur), Semarang (Jawa Tengah) dan  Irian Jaya.

Kongregasi OSA di Indonesia dinyatakan berdikari tgl 9 Agustus 1992. Sr. Tarcies Wijngaard, selaku wakil Dewan Pimpinan Kongregasi Suster St. Augustinies, Belanda, resmi menyerahkan penuh tatakelola Kongregasi OSA di Indonesia dan karyanya kepada Dewan Pimpinan Kongregasi OSA Indonesia. Serah terima ini menjadi tonggak dimulainya Kongregasi Suster St. Augustinus dari Kerahiman Allah berpusat di Ketapang, menjadi Kongregasi Diosesan  reksa Uskup Ketapang.

DSC_0616 b 1

Kongregasi OSA memiliki dua karya besar yakni: karya kesehatan di bawah naungan YPK Agustinian dan karya pendidikan di bawah YPK Fatima, disamping itu  karya-karya sosial lainnya. Lika-liku perjalanan 25 tahun berdikari bukan hal yang mudah, Kongregasi  di-tantang harus berani mengatasi berbagai kendala. Dalam sambutan Sr. Lucia Wahyu, OSA, Pemimpin Umum, disampai-kan “usia 25 tahun  sebagai  sebuah lembaga bukanlah usia muda juga belum tua. Kongegasi OSA berdiri kokoh berkat dukungan berbagai pihak, para karyawan, donatur, dan masyarakat”.

Ungkapan Syukur pesta perak berdikari Kongregasi OSA diwujudkan dalam Perayaan Ekaristi Syukur yang dipersembahkan oleh Mgr. Pius Riana Papdi dengan  tujuh pastor konselebran. Acara dilaksanakan di ASC,  28/8/2017, pk16.30.

Perayaan tersebut sekaligus merayakan tujuh suster atas kesetiaan 25 tahun dan 12½ tahun hidup membiara, serta empat karyawan yang telah setia mengabdi selama 25 th.

Perayaan ini diikuti lebih kurang 700 orang dan  dimeriahkan dengan pentas seni dan pembagian hadiah lomba dan pertandingan Augustinian Day.*** In Deum (Martin S.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *