lomba 1
SATU TEKAD TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN
September 18, 2017
Monika Gekcu, Amd
KETEKUNAN DAN KREATIVITAS MEMBAWA TEMUKAN MAKNA
September 18, 2017

PERAYAAN HUT RS FATIMA KE -55

rsf hut 6 4
Pelepasan Balon Terbang pada puncak HUT RS Fatima ke-55

Pelepasan Balon Terbang pada puncak HUT RS Fatima ke-55

Tepat pada tanggal 13 Mei 2017, Rumah Sakit Fatima genap berusia 55 tahun. Dalam merayakan Hari Ulang Tahun Ke-55 ini, Rumah Sakit Fatima mengadakan serangkaian acara peringatan ulang tahun, yaitu : Misa Syukur Peringatan HUT RS Fatima ke-55, Senam Pagi HUT RS Fatima, Pelepasan Balon Terbang HUT RS Fatima dan Pembagian Souvenir HUT RS Fatima, serta Ramah Tamah Karyawan RS Fatima.  Pada Hari Ulang Tahun RS Fatima Ke-55 ini, juga bertepatan dengan Peringatan 100 Tahun Penampakan Bunda Maria di Fatima. Maka dari itu, RS Fatima juga mengadakan acara Vigili Peringatan 100 Tahun Penampakan Bunda Maria di Fatima  berupa Perarakan Bunda Maria Fatima, sebagai Pelindung Rumah Sakit Fatima.

rsf hut 6 4

Vigili Perarakan Bunda Maria mengelilingi kompleks RS Fatima

Vigili (hari menjelang hari raya)  100 Tahun Penampakan Bunda Maria di Fatima dan Perarakan Bunda Maria Fatima, Pelindung RS Fatima, dilaksanakan pada Hari Jumat, 12 Mei 2017, Pkl 16.30 WIB. Selain Karyawan RS Fatima yang beragama Katolik, acara ini juga diikuti oleh anak asrama Bintang Kejora beserta dengan para suster RS Fatima dan kongregasi OSA, serta YPKA yang bersama-sama berdoa Rosario sambil memegang lilin. Dengan titik start di Gua Maria Susteran OSA dan keluar mengitari lokasi RS Fatima, serta berakhir di depan Patung Bunda Maria Fatima di halaman depan RS Fatima,  perarakan Bunda Maria Fatima ini dapat berlangsung dengan baik.

Dibandingkan dengan peringatan HUT RS Fatima tahun sebelumnya, peringatan HUT RS Fatima pada tahun ini lebih sederhana. Meski sederhana, tetapi tidak mengurangi maksud & tujuan dari peringatan ulang tahun itu sendiri, yaitu bersyukur atas penyertaan Tuhan kepada RS Fatima dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi sesama yang menderita sakit.

Misa Syukur HUT RS Fatima ke-55 dilaksanakan pada Hari Sabtu, 13 Mei 2017, Pukul 16.30 WIB, di Kapel Susteran OSA, dan dipimpin oleh Mgr. Pius Riana Prapdi, Pr. Dalam misa tersebut, Mgr. Pius Riana Prapdi, Pr dalam salah satu khotbahnya menjelaskan bahwa sakit merupakan suatu panggilan & anugrah dari Tuhan, karena melalui sakit, seseorang yang menderita sakit diberikan kesempatan untuk mengalami perjumpaan;  perjumpaan dengan orang yang ada di sekitarnya yang dapat menjadi tanda dari kehadiran Tuhan sendiri bagi seseorang yang sedang menderita sakit.

Rumah Sakit Fatima, yang di dalamnya berisi para pelayan kesehatan (Dokter/ Perawat/ Bidan/ Apoteker/ Analis/dll) menjadi perpanjangan bagi Tuhan yang hadir berjumpa dengan pasien yang sedang menderita sakit, sehingga pasien yang menderita sakit di RS Fatima dapat merasakan bahwa sakit yang dideritanya sebagai suatu panggilan & anugrah dari Tuhan untuk “berjumpa”. Lagu-lagu dalam perayaan Misa Syukur ini diiringi oleh Tim Paduan Suara RS Fatima yang anggota nya terdiri dari perwakilan tiap unit di RS Fatima bersama dengan kolaborasi iringan musik FatimaKustik di beberapa lagu.

Senam Pagi HUT RS Fatima dilaksanakan pada Hari Sabtu, 13 Mei 2017, Pukul 06.00 WIB, di halaman depan RS Fatima. Senam Pagi HUT RS Fatima ini dihadiri oleh seluruh karyawan RS Fatima, dengan instruktur senam dari perwakilan perawat ruang perawatan bedah dan ruang perawatan anak.

Balon Terbang HUR RS Fatima dan berbentuk rangkain Rosario

Balon Terbang HUR RS Fatima dan berbentuk rangkain Rosario

Selesai Senam Pagi HUT RS Fatima, dilanjutkan dengan acara Pelepasan Balon Terbang HUT RS Fatima & Balon Terbang Rosario. Balon terbang ini dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk rosario. Acara pelepasan balon terbang ini berlangsung meriah, dimana seluruh peserta yang hadir bersama-sama memegang & melepaskan balon terbang tersebut.

Pembagian souvenir HUT RS Fatima Ke-55 dilakukan setelah acara pelepasan balon terbang HUT RS Fatima & balon terbang Rosario selesai. Souvenir berupa gantungan kunci berlogo HUT RS Fatima Ke-55 yang dibagikan kepada seluruh pasien rawat jalan & rawat inap yang ada di RS Fatima. Selain itu ada souvenir berupa balon khusus bagi pasien anak-anak rawat jalan & rawat inap di RS Fatima. Pembagian souvenir ke pasien-pasien ini dilakukan oleh para suster OSA didampingi oleh panitia.

Acara Ramah Tamah Karyawan RS Fatima dilaksanakan pada Hari Sabtu, 13 Mei 2017, Pukul 18.00 WIB di ASC Biara OSA. Pada acara ramah tamah ini pula dibagikan hadiah bagi pemenang dan partisipan Lomba Akreditasi RS Fatima, dan serah terima piala juara 1 Lomba Paduan Suara HUT PPNI, dimana Tim Paduan Suara RS Fatima telah memenangkan lomba Paduan Suara HUT PPNI yang diikuti pada bulan lalu, serta penyerahan piagam penghargaan dari RS Fatima kepada para karyawan/perawat yang telah membawa nama RS Fatima dalam mengikuti lomba HUT PPNI bulan lalu.

 Acara Ramah Tamah dimeriahkan dengan acara potong tumpeng HUT RS Fatima yang dilakukan oleh dr. Margaretha Indah W., MPH selaku Direktur RS Fatima, dan juga dimeriahkan dengan acara hiburan dari setiap perwakilan profesi, seperti para dokter yang menyumbangkan hiburan berupa nyanyi bersama, serta dimeriahkan dengan acara tukar kado. Terdapat 1 acara hiburan yang unik yang dibawakan oleh salah satu Karyawan RS Fatima, Gunthara Pakawala, yaitu berupa acara sulap “teleportation magic”.

Demikian semua rangkaian peringatan HUT RS Fatima Ke-55 dapat selesai terlaksana dengan baik. Maju terus RS Fatima dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik.

(Penulis : dr. Yohanes A. Kusumo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *