KETEKUNAN DAN KREATIVITAS MEMBAWA TEMUKAN MAKNA

rsf hut 6 4
PERAYAAN HUT RS FATIMA KE -55
September 18, 2017
Sr. Agustini Barbara Sunny, OSA
KENANGAN Sr. AGUSTINI BARABARA SUNI, OSA
September 18, 2017

KETEKUNAN DAN KREATIVITAS MEMBAWA TEMUKAN MAKNA

Monika Gekcu, Amd
Monika Gekcu, Amd

                  Monika Gekcu,  Amd

 

Ibu ini akrab dipa-nggil Bu Monik,  ramah orangnya dan banyak senyum namun tegas sikapnya.  Nama lengkapnya Monika Gekcu, Amd, kelahiran asli Ketapang. Ibu Monik mengabdi di RS Fatima sejak tahun 1995. Selama berkarya Ibu Monik  lebih banyak sebagai pimpinan ruang /unit.

Sejak 2014, beliau dipercayai bidang pastoral care, dan masih disampiri tugas konsultan layanan ASI. Pastoral Care benar-benar tugas baru baginya karena tidak  bersentuhan keahliannya sebagai perawat. Awalnya tidak mudah, namun berkat ketekunan dan kreativitasnya dalam pastoral care ini membawa Ibu Monik menemukan makna.

Pastoral care RS Fatima disadarinya memiliki makna penting, karena sebagai ciri khas lembaga Katolik bidang karya kesehatan. Pelayanan pada pasien seiman misalnya menerimakan komuni, mendoakan, dan memberikan sapaan  empati mendukung kesembuhan pasien.  Sapaan kasih juga diberikan bagi pasien non Katolik.

Dampak baik pelayanan ini tampak dari data pasien Katolik yang awalnya dapat dihitung jari namun sekarang rata-rata bisa puluhan orang. Pelayanan yang humanis  dan didasari kasih meningkatkan orang tertarik untuk mempercayakan kesehatannya dirawat di RS Fatima, bahkan sampai saat menghadapi sakratul maut yang butuh pendampingan khusus. Ada belasan program yang dibuatnya bersama tim pastoral care, antara lain  tentang kerohanian pasien, tenaga kesehatan intern RS Fatima dan kerjasama pelayanan dengan pihak lain.

Pastoral care butuh personal yang dewasa “matang” secara kepribadian dan kerohaniannya. Pekerjaan jadi bermakna bila dikerjakan sepenuh hati dan kerelaan.**  (Mrtin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *